PENGERTIAN PENELITIAN GEOGRAFI


1. Pengertian Penelitian Geografi

Penelitian adalah kegiatan menyelediki, mengembangkan dan menguji kebenaran secara mendalam untuk memecahkan suatu permasalahan.
Ciri khas penelitian geografi adalah menggunakan pendekatan keruangan, ekologi dan kompleks wilayah dalam mendapatkan masalah penelitian dan memecahkan masalah tersebut.

2. Sisat-sifat Penelitian Geografi

Dalam melakukan penelitian geografi harus memahami sifat-sifatnya. Adapun sifat-sifat penelitian geografi diantaranya:
b. penelitian diawali dengan penemuan masalah geosfer.
c. menganalisis lebih mendalam terhadap suatu kajian geosfer.
d. menguji hasil penelitian yang telah dilakukan agar hasilnya lebih akurat.
e. tujuan penelitian geografi adalah memecahkan suatu permasalahan.

3. Jenis-Jenis Penelitian

Jenis-jenis penelitian geografi dapat dibedakan berdasarkan tujuan, bentuk dan metode penelitian.
a. Berdasarkan tujuan, penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Penelitian eksploratif Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan gagasan dasar mengenai suatu topik permasalahan yang belum diketahui sebelummya, sehingga mampu memberikan definisi atau penjelasan mengenai konsep atau pola.
  • Penelitian deskriptif Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai fenomena geosfer dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti. 
  • Penelitian eksplanatif Penelitian eksplanatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis pada penelitian sebelumnya.
b. Berdasarkan bentuk, penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Studi kasus, merupakan penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial termasuk manusia yang dilakukan sedemikan rupa sehingga menghasilkan gambaran yang lengkap.
  • Survei Survei, adalah penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang jumlahnya banyak dan dalamjangka waktu tertentu.
  • Eksperimen Eksperimen, adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya dalam kondisi terkontrol, atau dengan kata lain penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian suatu treatment atau perlakukan terhadap subjek penelitian.
  • Penelitian Kualitatif, adalah penelitian yang digunakan untuk menyelediki, menemukan, menggambarkan dan menjelaskan kualitas atau keunggulan dari suatu fenomena yang tidak dapat diukur atau dihitung jumlahnya.
  • Penelitian Kuantitatif, adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

c. Berdasarkan metode penelitian geografi dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Penelitian Kualitatif Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelediki, menemukan, menggambarkan dan menjelaskan kualitas atau keunggulan dari suatu fenomena yang tidak dapat diukur atau dihitung jumlahnya.
  • Penelitian Kuantitatif Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++
setelah menelaah membaca dan materi di atas silahkan kerjakan soal berikut ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL GEOGRAFI

STRUKTUR LAPISAN KULIT BUMI