Latihan Soal Sejarah PM X - 1

Materi Kelas X semester 1


KEHIDUPAN MANUSIA DALAM RUANG DAN WAKTU


Latihan Soal

1. Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia. Pernyatan tersebut berarti …
A. manusia tidak dapat hidup tanpa sejarah
B. sejarah menciptakan kehidupan manusia
C. sejarah mempengaruhi gerak aktivitas manusia
D. sejarah menceritakan kisah kehidupan manusia
E. sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia

2. Konsep ruang dalam sejarah berkaitan dengan aspek geografis atau tempat terjadinya peristiwa. Manfaat keberadaan unsur ruang dalam sejarah adalah…
A. menempatkan manusia sebagai subjek dalam kajian sejarah
B. mempermudah pemahaman tentang suatu peristiwa sejarah
C. mempermudah sejarawan menentukan lokasi sebuah peristiwa sejarah
D. mengidentifikasi setiap tokoh sesuai perannya dalam sebuah peristiwa sejarah
E. menemukan fakta tersembunyi yang tidak diungkap melalui sumber sejarah

3. Aktivitas manusia menjadi kajian utama ilmu sejarah. Akibat yang muncul apabila manusia hidup tanpa sejarah adalah …
A. masa lalu manusia tidak akan bermanfaat bagi masa depannya
B. kedudukan manusia sebagai mahluk sosial tidak dapat dibuktikan
C. manusia tidak mampu memprediksi peristiwa yang terjadi pada masa yang akan datang.
D. manusia tidak akan mampu membentuk peradaban yang bermanfaat pada masa depan
E. eksistensi manusia sebagai mahluk hidup yang beraktivitas dan berfikir patut dipertanyakan

4. Selain manusia dan ruang, waktu merupakan unsur penting yang lain dalam  sejarah. Waktu menjadi unsur dan konsep yang penting dalam sejarah karena …
A. sejarah manusia berlangsung dalam waktu tertentu
B. waktu menentukan bekerjanya akal budi dan kesadaran
C. waktu menjadi penentu perjalanan hidup manusia
D. manusia membutuhkan waktu untuk menciptakan sejarah
E. hanya manusia yang memiliki unsur dan konsep waktu

5. Sejarah dapat berulang pada pola yang sama, tetapi dalam waktu yang berbeda. Pengertian tersebut dapat dicontohkan dalam peristiwa …
A. Peristiwa Ampera dan Peristiwa Reformasi Indonesia
B. Pertempuran lima hari di Semarang dan pertempuran 10 November di Surabaya
C. Pemberlakuan sistem demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin
D. Pengangkatan Presiden Soekarno dan Presiden Habibie
E. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan Dekrit Presiden 5 Juli 1959


PENILAIAN DIRI

Berilah Jawaban “YA” atau “TIDAK” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

1. Saya selalu berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran

2. Saya mengikuti pembelajaran tepat waktu

3. Saya berusaha belajar tentang Kehidupan  Manusia dalam ruang dan waktu

4. Saya berusaha belajar tentang konsep ruang dan waktu dalam sejarah

5. Saya mengikuti pembelajaran sejarah tentang kehidupan manusia dalam ruang dan waktu dengan sungguh-sungguh.

6. Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu

7. Saya mengajukan pertanyaan yang tidak saya pahami

8. Saya aktif mencari informasi kehidupan manusia dalam ruang dan waktu

9. Saya menghargai hasil laporan teman tentang kehidupan manusia dalam ruang dan waktu

10. Saya meminta ma'af jika saya tidak bisa mengikuti pembelajaran Sejarah PM


Silahkan Jawab Latihan Soal & Penilian Diri di kolom komentar blog ini, sertakan nama dan kelas.
👇👇👇

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL GEOGRAFI

STRUKTUR LAPISAN KULIT BUMI