LEMBAR SESI BEREHAN

 

LEMBAR SESI BEREHAN

 

Sesi Berehan adalah sesi terakhir dari satu paket modul, di mana Bapak/ Ibu akan berbagi praktik baik/ mendiseminasikan pengalaman dalam mengimplementasikan salah satu topik/ sub modul/ modul dan hasil pembelajarannya yang telah dilakukan di kelas masing-masing kepada guru-guru lainnya di sekolah maupun di luar sekolahnya. Praktik diseminasi/berbagi praktik baik ini dapat dilakukan di komunitas belajar sekolah masing-masing atau antar sekolah yang dilakukan secara daring/luring.

 

Langkah-langkah kegiatan:

 

TAHAP PERSIAPAN

1.      Buatlah perencanaan kegiatan bersama rekan sejawat di dalam Komunitas Belajar sekolah Bapak/Ibu atau komunitas belajar di luar sekolah.

2.      Minimal 5 (lima) jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan diseminasi

3.      Rencanakan tanggal pelaksanaan diseminasi kegiatan tersebut bersama pengurus Kombel.

TAHAP PELAKSANAAN

1.      Lakukan presentasi berbagi praktik baik bersama kombel dari materi yang telah dipelajari.

2.      Targetkan RTL kepada seluruh Bapak/Ibu Guru untuk bersama-sama membuat Aksi Nyata secara kolaboratif

3.      Mendokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik

TAHAP EVALUASI DAN LAPORAN

1.      Laporkan hasil RTL Aksi Nyata bersama kepada Dinas Pendidikan melalui Pendamping Praktik yang ditugaskan kepada sekolah Bapak/ Ibu.

2.      Posting Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan di Website sekolah dan blog pribadi Bapak/ Ibu.

 


RENCANA TINGGAL LANJUT

 

Nama Mapel

: IPS - GEOGRAFI

Tempat Pelaksanaan

: SMAN 29 GARUT

Waktu Pelaksanaan

: 13 DESEMBER 2023 (pukul. 10.30 – 12.00)

Nama Guru

: YOGIE SUSANTO FRIMADONA, S.Pd, Gr

Wakasek Kurikulum

: KARTINI, S.S

Kepala Sekolah

: Dra. EUIS LUGOYAH., M.Pd.I

1.     DESKRIPSI KEGIATAN INOVASI PEMBELAJARAN

 

a.     Topik Pembelajaran

Topik yang diajarkan pada praktik pengalaman lapangan adalah mata pelajaran IPS Geografi dengan materi Dinamika Litosfer.

 

b.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa mampu;

1)    mengidentifikasi jenis-jenis batuan ,

2)    menyajikan data batuan,

3)    menumbuhkan kemandirian, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan yang dimilikinya serta meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

 

c.     Inovasi Pembelajaran

Menggunakan Metode Pembelajaran PBL terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis SEL Pendekatan TPACK.

1)    PBL (Project Based Learning)

Proses KBM yang memberi penekanan kuat pada pemecahan masalah sebagai usaha kolaboratifnya.

2)    SEL (Social Emotional Learning)

Pembelajaran yang akan memberi dampak positif  yakni perilaku ke diri sendiri, orang lain serta lingkungan

3)    TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge)

Proses pembelajaran dengan melibatkan komponen pengetahuan terkait dengan teknologi, pedagogi dan konten.

2.     HAL BAIK/ MANFAAT DARI INOVASI PEMBELAJARAN

 

a.     Bagi Siswa

1)    siswa untuk mendalami materi pelajaran dengan cara yang lebih mendalam.

2)    siswa berusaha harus mencari solusi untuk masalah, yang memungkinkan mereka untuk memahami konsep dengan lebih baik.

3)    siswa belajar untuk mengevaluasi informasi, mengidentifikasi masalah, dan merumuskan solusi yang masuk akal,

4)    siswa berkolaborasi, berbagi ide, dan membangun keterampilan sosial

5)    siswa belajar cara bekerjasama sebagai tim untuk mencapai tujuan bersama,

6)    siswa mengembangkan kemampuan memecahkan masalah yang transferable, yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks dan mata pelajar.

7)    siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna, mendalam, dan relevan.

8)    siswa menunjukkan sikap, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Bergotong Royong, Berkebinekaan Global (penerapan nilai-nilai Pancasila).

9)    siswa dengan melakukan berdiskusi dapat merangsang keberaniannya untuk mengemukakan pendapat, bertanya, menyimpulkan, dan merumuskan ide.

 

b.     Bagi Guru

1)    membentuk resistensi terhadap perubahan dalam metode pembelajaran yang sesuai kebutuhan zaman.

2)    tidak selalu berada di zona nyaman dengan mempertahankan pembelajaran tradisional dan merasa takut atau enggan untuk mencoba inovasi,

3)    mengukur efektivitas inovasi dan memberikan umpan balik yang sesuai kepada guru dan siswa adalah tantangan yang signifikan.

4)    terukurnya hasil pembelajaran dan dampak baik dari inovasi pembelajaran.

 

 

 

3.     TANTANGAN/ MASALAH YANG DIHADAPI DARI INOVASI PEMBELAJARAN

 

a.     Kegiatan Pembukaan

1)    Guru tidak meminta bantuan kepada peserta didik, disaat mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran,

2)    Guru tidak membuat hard copy dari soal asesmen DIAGNOSTIK namun hanya memberikan pertanyaan secara lisan saja.

 

a.     Kegiatan Inti

1)    Guru membuat SKPD terlalu sederhana, sehingga tampilan SKPD sedikit kurang menarik

2)    Guru masih terpaku dengan siswa yang aktif dan melupakan siswa yang tidak aktif.

3)    Guru tidak memberikan batasan waktu saat peserta didik sedang berdiskusi, sehingga waktu diskusi terlalu lama, sehingga waktu presentasi dan tanya jawab terlalu sebentar.

4)    Siswa masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi.

 

b.     Kegiatan Penutup

1)    Guru tidak membuat kesimpulan dalam pembelajaran.

2)    Guru tidak menyampaikan materi pada pertemuan selanjutnya.

4.     SOLUSI PEMECAHAN MASALAH

 

a.     Kegiatan Pembukaan

1)    Solusi kedepannya Guru akan mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran bersama peserta didik sehingga akan PPK Gotong Royong tercapai,

2)    Solusi kedepannya Guru akan mempersiapkan hardcopy dari soal asesmen DIAGNOSTIK sehingga akan memudahkan dalam penilaian terhadap peserta didik.

 

b.     Kegiatan Inti

1)    Solusi kedepannya Guru akan membuat SKPD semakin menarik, sehingga ketika peserta didik mengisinya semakin semangat.

2)    Solusi kedepannya Guru akan memperhatikan semua keaktifan peserta didik, sehingga peserta didik yang kurang aktif akan termotivasi oleh peserta didik yang aktif.

3)    Solusi kedepannya Guru sebelumnya akan memberikan batasan waktu untuk berdiskusi sehingga, waktu presentasi dan tanya jawab tersedia.

4)    Solusi kedepannya Guru untuk peserta didik yang masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi.

5)    Solusi kedepannya Guru akan memperhatikan kebutuhan siswa yang membutuhkan perhatian khusus  dan akan disesuaikan dengan jenis kemampuhannya.

 

c.     Kegiatan Penutup

1)    Guru akan mempersiapkan kesimpulan dalam pembelajaran, dan dituliskan di media pembelajaran PowerPoint.

2)    Guru menyampaikan materi pada pertemuan selanjutnya, sehingga peserta didik di rumah bisa mencari tahu materi tersebut lewat media internet.

 

5.     RENCANA TINDAK LANJUT

 

a.     mengeksplor lebih dalam tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan mengembangkan variasi-variasi penerapan PBL, serta mengkombinasikannya dengan strategi pembelajaran lainnya dengan kebutuhan perkembangan zaman.

b.     memanajemen waktu pembelajaran dengan baik.

c.     mengembangkan penggunaan TPACK dalam pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi sekolah maupun kelas.

 

 

6.     DAFTAR PUSTAKA

 

https://cdn-ppg.simpkb.id/s3/daljab/PPG%202022/Prajab/Pemahaman%20Peserta%20Didik/5%20Asesmen/Assessment%20Pengertian,%20Fungsi,%20Tujuan,%20Jenis,%20Contoh.pdf

https://www.ruangkerja.id/blog/project-based-learning-adalah#:~:text=Apa%20itu%20Project%20Based%20Learning,keterampilan%20yang%20dicapai%20peserta%20didik.

https://gurubelajar.id/pentingnya-pembelajaran-social-emotional-learning-sel-bagi-anak/

https://www.kajianpustaka.com/2022/12/TPACK.html

https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/770904-1674665818.pdf

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 1). Yayasan Barcode.

 

DOKUMENTASI

KEGIATAN BERBAGI PRAKTIK BAIK

  



DOWNLOAD Dokumen RTL dan dokumentasi kegiatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL GEOGRAFI

STRUKTUR LAPISAN KULIT BUMI